Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Tempe dan Oncom

Tempe dan oncom sangat nikmat saat dihidangkan dalam keadaan masih hangat, apalagi ditambah dengan nasi tutug khas sunda yang membuat selera makan bertambah mantap. Mungkin bagi anda kedua makanan khas daerah ini masih asing, untuk itu kita akan bahas apa perbedaan antara tempe dengan oncom dilihat dari bahan baku, proses pembuatan, serta makanan jadinya.

Tempe

tempe

Tempe adalah salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar biji kedelai yang difermentasi menggunakan ragi tempe. Warna putih pada permukaan tempe disebabkan pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen kedelai pada proses fermentasi menjadikan rasa tempe terasa masam dengan aroma khas.

Lihat juga: Perbedaan Tahu dan Tempe

Manfaat tempe untuk kesehatan telah teruji oleh para ahli, karena tempe mengandung serat pangan, zat besi, kalsium, dan vitamin B yang berguna bagi kesehatan tubuh. Bahkan beberapa kandungan yang terdapat di dalam tempe memiliki fungsi obat, seperti halnya antibiotika yang berguna menyembuhkan infeksi dan antioksidan sebagai pencegah penyakit degeneratif.

Karena rasanya yang enak, tempe menjadi makanan populer dimasyarakat dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Bahkan orang vegetarian di seluruh dunia kini menjadikan tempe sebagai makanan pengganti daging. Oleh sebab itu produksi tempe pada saat ini tidak hanya ada di Indonesia saja, namun telah menyebar ke berbagai negara di dunia seperti Jepang dan Amerika.

Oncom

oncom

Oncom adalah salah satu makanan hasil fermentasi beberapa jenis kapang, dengan proses yang hampir mirip dengan pengolahan tempe. Namun dalam pembuatan oncom maka hasil olahan dinyatakan siap dikonsumsi padasaat kapang menghasilkan spora. Oncom ini sangat populer di beberapa daerah terutama Jawa Barat yang diolah sebagai makanan khas daerah dan untuk konsumsi sehari-hari masyarakat.

Jenis oncom setidaknya memiliki dua jenis yaitu oncom merah dengan oncom hitam. Kedua jenis oncom ini bukan hanya dibedakan warnanya saja, namun yang utama ialah dibentuk dari permentasi yang berbeda. Pada oncom merah didegradasi oleh kapang oncom neurospora sitophila atau neurospora intermedia. Sedangkan pada oncom hitam didegradasi oleh kapang tempe rhizopus oligosporus dan/atau jenis-jenis mucor.

Kandungan gizi oncom cukup baik dan dapat menjadi sumber asupan gizi murah namun bermanfaat. Saat ini oncom diolah dengan bentuk dan kreasi rasa yang mengikuti perkembangan jaman. Kita bisa melihat jajanan oncom bandung dikemas dengan elegan sehingga meningkatkan nilai jual produk lokal asli daerah ini. Rasa dan aromanya yang khas membuat orang ketagian.

Perbedaan Tempe dan Oncom

Dari keterangan diatas ada perbedaan utama antara tempe dengan oncom yaitu tempe siap untuk dijual ke pasar pada saat sebelum kapang menghasilkan spora, sedangkan oncom siap dijual ke pasar setelah kapang menghasilkan spora. Perbedaan lainnya ialah warna permukaan tempe adalah putih, sedangkan warna permukaan oncom adalah merah atau hitam.

Olahan tempe dapat anda buat dengan menggunakan resep sambal goreng tempe, tempe penyet, tempe goreng, tempe bacem, tempe orek, tempe mendoan, tempe kecap, kering tempe, dan resep spesial lainnya. Sedangkan olahan oncom dapat anda buat dengan menggunakan resep oncom teri, oncom kemangi, oncom goreng, sambel oncom, oncom pedas, oncom goreng pedas, oncom hitam, oncom leunca, dan resep istimewa lainnya.

Perbedaan Tempe dan Oncom Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia