Semua perbedaan ada disini

6 Perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

Burung cucak jenggot dan kapas tembak jika dilihat dari sekilas mata orang awam maka akan tampak mirip sekali (seperti kembaran). Padahal jika diperhatikan maka perbedaan antara cucak jenggot dengan kapas tembak sangat banyak sekali, dari mulai bentuk fisik, suara, karakteristik, indukan, yang jelas berbeda asal usulnya.

Cucak Jenggot


Ciri-ciri burung cucak jenggot yang mudah terlihat ialah bulu bawah paruh (jenggot) terlihat sangat jelas, bahkan dari kejauhanpun telah terlihat. Warna bulu cucak jenggot secara keseluruhan berwarna coklat, namun pada bagian dada umumnya berwarna putih kekuningan. Semakin bertambahnya umur, maka warna kuning pada bagian dada kian memudar. Kelebihan burung cucak jenggot ini ialah memiliki variasi lagu yang banyak, bahkan bisa dimaster menggunakan suara burung jenis lain. Pada saat lomba maka burung cucak jenggot ini memiliki mental teritorial yang cukup bagus dan biasanya jenis kelamin betina yang sering diikutkan dalam lomba.

Baca juga: Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Kapas Tembak


Ciri-ciri burung kapas tembak diantaranya ialah memiliki warna bulu keseluruhan dominan berwarna abu-abu atau coklat tua, dengan warna bulu bagian dada cenderung putih keabu-abuan atau klawu kotor. Sedangkan bulu dibawah paruh (jenggot) kurang menonjol, dengan kata lain bulu jenggotnya tidak njegrak. Suara kapas tembak dirasa lebih kasar dan agak tajam jika dibandingkan dengan suara burung cucak jenggot. Pada saat lomba maka burung ini memiliki daya adaptasi arena yang cepat. Semua jenis kelamin baik jantan atau betina bisa dilombakan.

Perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

Setelah memperhatikan ciri-ciri kedua jenis burung diatas, maka ada beberapa hal yang dapat kita jadikan perbedaan diantaranya ialah:

1. Warna bulu cucak jenggot keseluruhan berwarna coklat, sedangkan warna bulu kapas tembak keseluruhan dominan berwarna abu-abu atau coklat tua.

2. Bulu bagian dada cucak jenggot cenderung berwarna putih kekuningan, sedangkan warna bulu bagian dada kapas tembak cenderung putih keabu-abuan.

3. Bulu bawah paruh atau jenggot cucak jenggot terlihat sangat jelas, sedangkan bulu bawah paruh kapas tembak kurang menonjol.

4. Burung cucak jenggot mempunyai mental teritorial yang bagus, sedangkan burung kapas tembak mempunyai daya adaptasi lingkungan yang cepat.

5. Pada umumnya cucak jenggot betina yang sering dilombakan, sedangkan kapas tembak jantan ataupun betina kedua-duanya biasa di ikutkan lomba.

6. Suara cucak jenggot memiliki banyak variasi lagu dan dapat dimaster, sedangkan suara kapas tembak lebih kasar dan monoton.

Demikian cara membedakan cucak jenggot dan kapas tembak yang sangat mudah untuk dipraktekan. Kecintaan anda kepada burung bisa membuahkan hasil berupa uang yang berlimpah jika anda menekuninya dengan benar dan konsisten.

6 Perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia