Semua perbedaan ada disini

6 Perbedaan Anis Kembang Jantan dan Betina

Burung anis kembang yang berkicau dengan suara lantang lagi merdu di arena kontes burung, akan menjadi kebanggaan bagi pemiliknya. Namun tahukah anda cara membedakan anis kembang jantan dengan anis kembang betina, jika dilihat dari segi fisik dan karakteristik lainnya? Untuk itu perhatikan perbedaannya disini.


Anis kembang merupakan jenis yang populer di kalangan kicau mania yang dikenal juga dengan nama lain seperti punglor kembang dan anis cacing. Ia dinamakan anis cacing karena perilaku hidupnya yang suka memakan cacing. Di habitat aslinya AK dikenal pemalu, bahkan pada saat berkicau ia jarang terlihat karena bersembunyi.

Lihat juga: Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina

Anis Kembang Jantan

Ciri anis kembang jantan yang paling mudah terlihat ialah warna bulu, dimana anis kembang jantan memiliki warna bulu yang lebih mengkilap dan sangat kontras jika dibandingkan dengan betina. Pada bagian pantat maka akan terlihat warna bulu hitam atau lebih ke warna abu-abu yang berlekuk-lekuk menyerupai awan.

Saat pandangan anda tertuju pada bagian bola mata, maka akan terlihat menonjol atau agak melotot. Dibagian kaki maka bentuk kaki terlihat lebih rapat. Pada saat burung ngeriwik maka paruhnya akan terbuka (saat anakan/trotolan/bakalan). Pada saat didekatkan dengan burung betina, maka burung jantan yang sudah dewasa dan sedang birahi akan menyundul-nyundulkan kepalanya sambil berkicau.

Anis Kembang Betina

Ciri anis kembang betina yang paling mudah dikenal ialah warna bulu, dimana anis kembang betina memiliki warna bulu yang tidak begitu kontras atau warnanya tidak tegas seperti AK jantan. Pada bagian pantat maka akan terlihat bulu berwarna putih, pada sebagian burung terlihat putih bersih namun ada juga yang putih keruh.

Mata yang dimiliki anis kembang betina tampak datar, dengan bentuk kaki yang renggang dan sedikit menunduk. Perhatikan juga saat ngeriwik maka lehernya akan menggelembung walaupun suaranya cukup keras (saat anakan/trotolan/bakalan). Pada waktu didekatkan dengan burung jantan, maka burung betina yang sudah dewasa akan menggetarkan sayapnya (membuka dan menutup sayapnya).

Perbedaan Anis Kembang Jantan dan Betina

Setelah melihat ciri-ciri anis kembang jantan dan betina secara lengkap maka kita dapati beberapa kesimpulan diantaranya:

1. Mata anis kembang jantan menonjol, sedangkan mata anis kembang betina datar.

2. Warna bulu anis kembang jantan lebih mengkilap, sedangkan warna bulu anis kembang betina tidak kontras.

3. Bagian pantat anis kembang jantan terdapat bulu hitam atau abu-abu yang berlekuk seperti awan, sedangkan bagian pantat anis kembang betina terdapat bulu berwarna putih bersih atau putih keruh.

4. Jika bakalan anis kembang jantan ngeriwik akan membuka paruhnya, sedangkan jika bakalan anis kembang betina ngeriwik akan menggelembungkan lehernya.

5. Bentuk kaki anis kembang jantan lebih rapat, sedangkan bentuk kaki anis kembang betina renggang.

6. Anis kembang jantan yang sudah dewasa akan menanduk sambil berkicau jika didekatkan dengan betina, sedangkan anis kembang betina yang sudah dewasa akan menggetarkan sayapnya jika didekatkan jantan.

Semoga artikel tentang cara membedakan anis kembang jantan dengan betina ini dapat memberikan informasi berharga untuk anda yang dapat digunakan dalam pemeliharaan serta budi daya burung anis kembang yang eksotis ini.

6 Perbedaan Anis Kembang Jantan dan Betina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia