Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Temulawak dan Kunyit

Rempah-rempah asli Indonesia memiliki banyak ragam jenis dan memiliki manfaat masing-masing yang berguna untuk menyembuhkan penyakit luar maupun dalam. Diantara pertanyaan yang sering terlontar terutama dari ibu rumah tangga ialah apa perbedaan temulawak dengan kunyit, sebab bentuk dan warnanya hampir sama.

Temulawak


Pengertian temulawak adalah salah satu tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan yang berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis. Rimpang temu lawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur.

Manfaat temulawak untuk kesehatan adalah meningkatkan kerja ginjal, sebagai anti inflamasi, obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba. Selain itu, temulawak juga biasa digunakan sebagai bahan jamu godog tradisional, khususnya di pulau Jawa.

Kunyit


Pengertian kunyit adalah salah satu jenis tanaman rempah-rempah dan obat asli dari Asia Tenggara. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae.

Manfaat kunyit untuk kesehatan adalah obat peradangan sendi, sebagai suplemen makanan, mendinginkan badan, menghentikan pendarahan, mencegah terjadinya penggumpalan darah, obat gatal, anti septik, anti kejang, salep untuk mengobati bengkak terkilir, menyembuhkan hidung tersumbat, serta obati flu dan demam.

Perbedaan Temulawak dan Kunyit

Secara kasat mata, temulawak memiliki bentuk dan warna yang hampir sama dengan kunyit. Warna dasar temulawak dan kunyit adalah kuning orange. Akan tetapi perbedaan dari segi warna, kunyit memiliki warna orange yang lebih pekat daripada temulawak yang memiliki warna kuning orange yang lebih cerah.

Dilihat segi bentuk, temulawak dan kunyit memiliki bentuk seperti temu-temuan yang merupakan keluarga Zingiberaceae. Faktor ukuran dari keduanya lebih bisa dibedakan, yaitu temulawak memiliki ukuran yang lebih besar daripada kunyit.

Temulawak dikenal dengan nama lain seperti curcuma xanthorrhiza, koneng gede, temu labak, sedangkan kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti curcuma longa linn, turmeric, kurkuma, janar, kunir, koneng, konyet.

Perbedaan Temulawak dan Kunyit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia