Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Tahu dan Tempe

Kuliner nusantara tidak sepinya dari makanan tradisional khas yang menggugah selera. Salah satu olahan pavorit ialah tahu dan tempe yang banyak dikonsumsi masyarakat dengan berbagai cara membuat, baik digoreng, pepes, bacem, sayur, oreg, dan lainnya. Perbedaan antara tahu dengan tempe dapat dilihat dari bahan, bentuk, kandungan gizi, proses pembuatan, warna, dan manfaatnya.


Tahu

Pengertian tahu adalah suatu makanan khas yang dibuat dari bahan biji kedelai yang telah diperas, diendapkan, dan difermentasi. Menurut sejarah makanan tahu ini berasal dari dataran Cina, dan telah dikenal sejak zaman dinasti Han. Penemu tahu adalah Liu An yaitu cucu Kaisar Han Gaozu, Liu Bang (pendiri dinasti Han).

Jenis tahu di Indonesia khususnya telah mengalami banyak perkembangan, sehingga saat ini anda dapat menemukan berbagai varian yang dapat dipilih sesuai selera. Dari mulai tahu putih, tahu kuning, tahu bulat, tahu sumedang, dan jenis lainnya. Dan tahu telah menjadi makanan yang memperkaya kuliner nusantara.

Tempe

Pengertian tempe adalah suatu makanan khas yang terbuat dari bahan biji kedelai yang telah di fermentasi (Rhizopus oligosporus, Rhizopus oryzae, Rhizopus stolonifer, Rhizopus arrhizus). Sediaan fermentasi ini di masyarakat biasanya dikenal dengan nama ragi tempe, yang dapat anda beli di pasar tradisional.

Kandungan protein tempe dapat menggantikan para vegetarian dalam mengkonsumsi daging. Selain gizi dan vitamin yang dikandungnya, tempe juga memiliki rasa yang enak walaupun hanya digoreng biasa saja. Apalagi jika anda memadukannya dengan resep andalan pasti rasanya lebih lezat istimewa.

Perbedaan Tahu dan Tempe

Adapun perbedaan yang paling mencolok ialah pada bentuk keduanya, tahu memiliki tekstur lembut, sedangkan tempe masih kasar kerena butiran kedelainya masih terlihat. Proses pembuatan tahu melalui proses pemerasan sari kedelai, sedangkan proses pembuatan tempe tidak ada pemerasan yakni langsung dari biji kedelai yang telah dibersihkan cangkangnya. Selain perbedaan, tentunya tahu dan tempe memiliki persamaan yaitu keduanya berbahan dasar kedelai, melalui proses permentasi, dan rasanya enak bergizi. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat.

Perbedaan Tahu dan Tempe Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia