Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Populasi dan Sampel

Penelitian yang anda lakukan tentu tidak akan terlepas dari data statistik untuk membandingkan objek penelitian atau bisa juga perbandingan suatu teori atau praduga dengan kenyataan di lapangan. Perbedaan antara populasi dengan sampel yang akan saya uraikan di artikel kali ini, semoga dapat memberikan tambahan informasi bagi anda yang sedang menulis karya ilmiah seperti skripsi dan lainnya.


Populasi

Pengertian populasi adalah totalitas dari semua objek atau individu yang memiliki karakteristik tertentu, jelas, dan lengkap yang akan di teliti. Dengan kata lain populasi adalah kumpulan dari keseluruhan pengukuran, objek, atau individu yang sedang dikaji. Untuk itu pengertian populasi dalam ilmu statistik tidak terbatas pada sekelompok atau kumpulan orang-orang, akan tetapi dapat mengacu pada seluruh ukuran, hitungan, atau kualitas yang menjadi fokus perhatian suatu penelitian.

Suatu pengamatan atau survey yang dilakukan terhadap seluruh anggota populasi disebut dengan nama sensus. Adapun contoh populasi yaitu populasi mahasiswa Universitas Widyatama, populasi mahasiswa Fakultas Teknik, populasi mahasiswa Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Mesin.

Sampel

Pengertian sampel adalah bagian dari populasi yang di ambil melalu suatu cara tertentu yang juga memilki karakteristik tertentu, jelas dan lengkap yang di anggap bisa mewakili populasi. Dengan kata lain pengertian sampel adalah sebagian, atau subset, dari suatu populasi. Populasi dapat berisi data yang besar jumlahnya, yang mengakibatkan tidak mungkin atau sulit untuk dilakukan pengkajian terhadap seluruh data tersebut, sehingga pengkajian dilakukan terhadap sampelnya saja.

Sampel merupakan bagian dari populasi, sehingga data yang diperoleh tidaklah lengkap. Namun jika pengambilan sampel dilakukan dengan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah, maka biasanya sangat mungkin diperoleh hasil-hasil dari sampel cukup akurat untuk menggambarkan populasi yang diperlukan dalam kajian yang dilakukan. Contoh sampel yaitu pedagang gula putih hanya meneliti segenggam gula putih untuk menentukan kualitas sekarung gula putih, pedagang perak hanya meneliti bekas gosokan dari perhiasan untuk menentukan kualitas perak tersebut.

Perbedaan Populasi dan Sampel

Adapun perbedaan yang paling mendasar antara pupulasi dengan sampel dalam penelitian kuantitatif adalah populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dapat dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan, sedangkan sampel adalah sebagian kecil dari populasi penelitian tersebut.

Contohnya jika anda ingin mengetahui taraf ekonomi masyarakat di kecamatan Kadipaten, maka populasi yang dituju adalah warga yang berada di seluruh wilayah kecamatan Kadipaten, dan untuk keperluan penelitian ini maka hanya diambil sejumlah kecil populasi di atas, yang disebut sampel, serta hasil penelitian sampel tersebut dianggap sudah dapat mewakili seluruh karakteristik populasi.

Perbedaan Populasi dan Sampel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia