Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Orang berilmu dan memiliki pengetahuan yang luas akan melihat suatu masalah dengan cahaya yang terang benderang, bagaikan melihat sesuatu di tengah hari. Sebaliknya ketika ilmu diganti dengan kebodohan maka terasa hampa isi dunia ini dan hilanglah cahaya karena diselimuti gelapnya ketidaktahuan. Perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan ini semoga dapat memacu kita untuk lebih giat belajar.


Ilmu

Pengertian ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman dari berbagai segi yang dibatasi agar dihasilkan suatu rumusan pasti. Ilmu dapat memberi sebuah kepastian dengan cara membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu ini diperoleh dari keterbatasannya.

Ilmu merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam suatu bidang ilmu tertentu. Menurut pandangan filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang saat ini dimilikinya.

Sebagai contoh maka ilmu alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal material, atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi umum. Ilmu alam misalnya akan menjawab pertanyaan tentang berapa jarak matahari dengan bumi.

Pengetahuan

Pengertian pengetahuan adalah suatu informasi yang diketahui atau disadari oleh manusia dan tidak dibatasi oleh adanya deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip maupun prosedur. Dengan bahasa yang lebih sederhana, pengetahuan merupakan berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh seseorang melalui pengamatan akal.

Suatu pengetahuan timbul saat manusia memakai akalnya untuk bisa mengetahui benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan pada waktu sebelumnya. Contohnya saat seseorang memakan buah yang baru dirasakannya, maka orang tersebut mendapatkan pengetahuan baru tentang buah tersebut.

Pengetahuan juga dapat kita definisikan sebagai suatu informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk dibuat suatu tindakan nyata dan melekat di ingatan seseorang. Selain itu, pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil dari pengenalan atas suatu pola tertentu.

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Pengetahuan merupakan ilmu yang belum tersusun, baik mengenai metafisik maupun fisik. Ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang terklasifikasi, tersistem dan terukur serta dapat dibuktikan kebenarannya secara empiris.

Ilmu bersifat objektif, sedangkan pengetahuan bersifat subjektif. Pengetahuan adalah informasi yang bersifat commonsense, sedangkan ilmu sudah merupakan bagian yang lebih tinggi dari itu karena memiliki metode dan mekanisme tertentu.

Ilmu bagaikan sapu lidi, yakni sebagian lidi yang sudah diraut dan dipotong ujung dan pangkalnya, kemudian diikat kuat, sehingga menjadi sapu lidi, sedangkan pengetahuan adalah lidi-lidi yang masih berserakan yang belum tersusun baik.

Adapun persamaan ilmu dan pengetahuan adalah keduanya mencari rumusan yang paling baik dan menyelidiki obyek secara lengkap sampai tuntas. Demikian artikel singkat mengenai apa perbedaan ilmu dan pengetahuan ini, semoga bermanfaat.

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis