Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Yaman dan Kecubung Wulung

Batu akik yang banyak menarik perhatian saat mengunjungi toko gemstone salah satunya adalah batu yaman dan batu kecubung. Kedua batu ini biasanya sama-sama memiliki warna hitam gelap, namun mungkin akan muncul pertanyaan dari anda apa perbedaan batu yaman wulung dengan kecubung wulung tersebut.

Yaman Wulung


Batu akik yaman wulung adalah jenis batu mulia yang banyak diburu oleh para koletor Indonesia, hal ini disebabkan ketenaran nama batu yaman sudah ada sejak zaman dahulu kala, bahkan pada zaman Rosulullah saw. batu ini sudah digunakan sebagai perhiasan. Oleh karena itu tidak heran jika batu antik ini dibandrol dengan harga yang cukup tingi dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Untuk mendapatkan yaman wulung asli maka anda perlu memperhatikan warna saat disorot lampu, maka akan keluar warna merah. Sedangkan saat tidak disorot lampu maka warnanya kembali menjadi hitam pekat. Jenis batu yaman lain ialah yaman madu, darah, merah, api, combong, coklat, serat emas, ijo, dan lainnya.

Kecubung Wulung


Kecubung memiliki nama internasional yaitu amethyst yang merupakan salah satu jenis batu mulia paling banyak peminatnya didunia dengan warna khas ungu berkilau, merah muda, dan kebiruan. Batu kecubung wulung di Indonesia diminati karena warna hitam pekat sehingga menambah kewibawaan seorang pria sejati.

Jenis batu kecubung yang terkenal dipasaran diantaranya ialah kecubung wulung, kecubung tanduk, kecubung es, kalimantan, dan jenis lainnya. Kecubung termasuk mineral kuarsa atau jenis mineral berstruktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika (silikon dioksida) dan memiliki tingkat kekerasan hingga 7 skala mohs.

Perbedaan Batu Yaman Wulung dan Kecubung Wulung

Adapun perbedaan yang mudah kita lihat ialah dengan menggunakan alat yaitu lampu senter yang dapat mengeluarkan cahaya yang fokus. Saat batu di sorot pada bagian bawahnya maka jika keluar warna merah maka batu tersebut adalah batu yaman wulung. Sebaliknya jika warna yang muncul saat disorot lampu senter adalah warna ungu maka batu tersebut merupakan batu kecubung wulung.

Perbedaan Batu Yaman dan Kecubung Wulung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis