Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Eritrosit, Leukosit dan Trombosit

Di dalam aliran darah terdapat sel darah merah dan sel darah putih yang memiliki fungsi masing-masing sehingga tubuh dapat bekerja dengan optimal. Untuk itu bahasan tentang jawaban pertanyaan apa perbedaan eritrosit, leukosit, dengan trombosit merupakan suatu kewajiban untuk segera dijelaskan pada artikel ini.


Eritrosit

Pengertian eritrosit (sel darah merah) adalah suatu jenis sel darah yang paling banyak ditemukan dalam tubuh dan memiliki fungsi membawa oksigen ke jaringan tubuh melalui darah, terutama pada hewan bertulang belakang. Bagian dalam eritrosit terdiri dari hemoglobin, yaitu sebuah biomolekul yang mengikat oksigen.

Baca juga: Perbedaan Mutasi gen dan Mutasi Kromosom

Hemoglobin akan mengambil oksigen dari paru-paru dan insang, dan oksigen akan dilepaskan saat eritrosit melewati pembuluh kapiler. Warna merah sel darah merah sendiri berasal dari warna hemoglobin yang unsur pembuatnya adalah zat besi.

Pada tubuh manusia, sel darah merah dibuat di sumsum tulang belakang, lalu membentuk kepingan bikonkaf. Di dalam sel darah merah tidak terdapat nukleus. Sel darah merah sendiri aktif selama 120 hari sebelum akhirnya dihancurkan.

Leukosit

Pengertian leukosit (sel darah putih) adalah sel yang membentuk komponen darah dengan fungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih tidak berwarna, memiliki inti, dapat bergerak secara amoebeid, dan dapat menembus dinding kapiler/diapedesis.

Baca juga: Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik

Leukosit di dalam tubuh tidak berasosiasi secara ketat dengan organ atau jaringan tertentu, mereka bekerja secara independen seperti halnya pada organisme sel tunggal. Leukosit memiliki kemampuan untuk bergerak bebas dan berinteraksi dan menangkap serpihan seluler, partikel asing, atau mikroorganisme penyusup.

Sifat leukosit yang lain diantaranya adalah mereka tidak bisa membelah dirinya sendiri atau melakukan proses reproduksi dengan cara mereka sendiri, melainkan leukosit merupakan produk dari sel punca hematopoietic pluripotent yang terdapat pada sumsum tulang. Leukosit turunan meliputi: sel NK, sel biang, eosinofil, basofil, dan fagosit termasuk makrofaga, neutrofil, dan sel dendritik.

Trombosit

Pengertian trombosit (keping darah atau lempeng darah) adalah sel anuclear nulliploid (tidak mempunyai nukleus pada DNA-nya) dengan bentuk tak beraturan dengan ukuran diameter 2-3 ┬Ám yang merupakan fragmentasi dari megakariosit. Keping darah tersirkulasi dalam darah dan terlibat dalam mekanisme hemostasis tingkat sel dalam proses pembekuan darah dengan membentuk darah beku.

Baca juga: Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Rasio plasma keping darah normal berkisar antara 200.000-300.000 keping/mm³, nilai dibawah rentang tersebut dapat menyebabkan pendarahan, sedangkan nilai di atas rentang yang sama dapat meningkatkan risiko trombosis. Selain itu trombosit memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak berwarna, tidak berinti, berukuran lebih kecil dari eritrosit dan leukosit, dan mudah pecah jika tersentuh oleh benda kasar.

Perbedaan Eritrosit Leukosit dan Trombosit

Fungsi eritrosit adalah untuk mengangkut oksigen dalam bentuk Hb02 (oksihaemoglobin), fungsi leukosit adalah sebagai pertahanan tubuh, fungsi trombosit adalah membantu dalam proses pembekuan darah.

Jumlah normal eritrosit berkisar 4-5 juta sel/ml darah, jumlah sel leukosit antara 6.000 - 9.000 sel/ml darah, dan jumlah trombosit sekitar 200.000 - 400.000 sel/ml darah.

Bentuk eritrosit adalah bikonkaf dan mengandung haemoglobin (Hb) pada mamalia tidak berinti sel, bentuk leukosit adalah bervariasi dan memiliki kemampuan bergerak seperti amoeba dan memiliki inti sel, sedangkan bentuk trombosit adalah seperti cakram dan merupakan sitoplasma sel besar tertentu (megakariosit) yang ada di sumsum tulang sehingga tidak mengandung inti sel.

Demikian perbedaan antara eritrosit, leukosit, dan trombosit yang dapat diterangkan di artikel blog area perbedaan kali ini. Saya hanya berharap agar tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, terutama adik-adik tercinta yang saat ini sedang menyelesaikan tugas sekolah yang diberikan oleh bapak atau ibu gurunya.

Perbedaan Eritrosit, Leukosit dan Trombosit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia