Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Drama dan Teater

Saat menonton sebuah pertunjukan spektakuler maka kedua mata anda akan terpana dengan para aktor yang sedang memainkan perannya masing-masing. Sehingga kadang tidak sadar keluar decak kagum secara spontan dari kedua bibir anda. Perbedaan drama dengan teater yang beberapa saat lagi akan dibahas, akan memberikan sudut pandang secara keselurahan terhadap kedua pentas seni ini.


Drama

Pengertian drama adalah suatu jenis karya sastra yang menggambarkan tingkah laku kehidupan manusia dengan menggunakan gerak tubuh. Dengan kata lain pagelaran drama melukiskan suatu realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan ucapan dialog yang dipentaskan diatas panggung.

Drama memiliki jalan cerita atau kisah yang memuat konflik dan emosi yang secara khusus ditujukan untuk pementasan teater. Penyusunan naskah drama dibuat sedemikian rupa sehingga nantinya layak untuk dipentaskan diatas panggung drama, sehingga dapat dinikmati dengan baik oleh semua penonton.

Baca juga: Perbedaan Ludruk dan Ketoprak

Untuk membuat suatu pertunjukan drama yang baik maka diperlukan kualitas dari segi komunikasi, situasi, serta aksi. Kualitas tersebut dapat diukur dari sejauh mana sebuah konflik atau masalah yang diciptakan dalam sebuah alur cerita drama dapat disajikan secara utuh dan spektakuler dalam sebuah pementasan drama.

Teater

Pengertian teater adalah suatu proses pemilihan teks atau naskah, penafsiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience. Seorang audience dalam teater dapat berupa seorang pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti sekalipun.

Adapun suatu proses pembentukan drama kepada sebuah teater biasa disebut dengan prose teater atau disingkat berteater. Teater dalam arti sempit adalah sebagai drama yaitu suatu kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis.

Sedangkan jika kita lihat pengertian teater dalam arti yang lebih luas adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak. Dalam pengertian ini maka contoh teater yang mudah kita lihat di masyarakat adalah wayang golek, wayang orang, jaipong, gamelan, ketoprak, ludruk, dan tontonan lainnya.

Perbedaan Drama dan Teater

Salah satu perbedaan drama dengan teater adalah pada asal katanya, dimana kata drama berasal dari kata draomai yang berarti berbuat, berlaku, serta bertindak, sedangkan teater berasal dari theatron berarti gedung atau tempat pertunjukan.

Drama menampilkan sesuatu yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga para penonton diajak untuk ikut menyaksikan dan merasakan kehidupan dan kejadian dalam masyarakat tersebut. Sedangkan teater merupakan proses pemilihan teks atau naskah, penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience.

Adapun persamaan drama dan teater adalah keduanya sama-sama merupakan pertunjukan adegan atau akting di depan penonton di sebuah panggung. Selain itu kata drama dan teater juga sama-sama berasal dari bahasa Yunani Kuno.

Perbedaan Drama dan Teater Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia