Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Giok dan Sungai Dareh

Batu giok aceh dan sungai dareh merupakan primadona yang diincar para pecinta batu akik dan permata, keindahan warna dan kejernihannya memikat setiap mata yang memandang. Sehingga tak heran jika kedua bau ini dibandrol dengan harga fantastis hingga menembus milyaran rupiah untuk satu buah batu cincin. Mungkin sebagian dari anda menyebut ini adalah harga gila namun bagi para pecinta batu mulia itu cuma uang receh untuk sebuah mahakarya alam yang begitu indah.


Perbedaan batu giok dengan batu sungai dareh sangat mudah ditemukan jika anda telah beberapa tahun berkelana di dunia batu akik. Sehingga dengan melihat sepintas saja, anda langsung mengenali mana giok asli dan mana sungai dareh asli. Kenapa saya menyebutkan asli? karena saat ini banyak beredar batu palsu alias pasakan dan imitasi, sehingga menghasilkan kesan buruk di mata pembeli kepada sebagian para penjual batu akik. Untuk itu hati-hatilah sebelum membeli!

Batu Giok


Perhiasan cincin, gelang, atau liontin yang terbuat dari bahan batu giok aceh akan memancarkan keindahan yang cukup luar biasa. Bukan hanya itu batu akik ini juga terkenal di masyarakat dengan hawa dingin yang keluar dari dalam batu, sehingga saat anda memakainya maka akan terasa dingin, nyaman, dan hati tentram.

Banyak yang telah membahas manfaat giok apakah dari segi ilmiah atau dari segi mistis. Namun sebaiknya anda jangan mempercayai hal mistis tersebut karena sedikit demi sedikit akan menyeret anda kedalam kemusyrikan. Yakinilah semua kekuatan hanyalah milik Allah swt. semata yang menguasai segala urusan dan menghilangkan semua kesusahan kecil maupun besar dari kehidupan anda.

Gunakan giok hanya sebagai perhiasan dan tidak lebih sehingga anda akan terselamat dari godaan syetan yang selalu menjerumuskan manusia kedalam kehinaan dosa. Batu giok akan sangat indah setelah diproses dengan pemotongan, penghalusan, dan keserasian dengan ikat cincin yang digunakan. Sebaiknya gunakan ikat perak agar lebih nyaman memakainya dan penampilan lebih elegan.

Batu Sungai Dareh


Satu lagi khazanah kekayaan alam Indonesia yaitu batu sungai dareh yang memiliki keunaikan tersendiri dengan dominasi warna hijau. Sungai dareh adalah salah satu sungai di Padang - Sumatera Barat yang memiliki arus yang deras sehingga diberi nama sungai dareh (sungai deras). Warna dan corak yang beragam menjadikan batu akik ini layak untuk anda koleksi sebagai perhiasan indah.

Banyak orang menyangka batu sungai dareh sama dengan giok, apalagi saat batu ini sudah tembus cahaya maka pancaran warnanya mirip dengan giok. Padahal kedua batu tersebut adalah jenis yang sangat berbeda dan memiliki harga jual yang berbeda juga. Namun trend saat ini sangat menguntungkan bagi para pengrajin batu sungai dareh karena harga pasaran saat ini sedang melonjak ke harga mantap.

Saya pribadi lebih menyukai batu jenis sungai dareh ini dibandingkan dengan giok, karena menurut saya warna sungai dareh lebih hidup dan enak dipandang. Selain itu saya tidak perlu dana besar untuk mendapatkan satu buah cincin batu sungai dareh, berbeda halnya jika anda memilih cincin giok yang harganya bisa membuat dahi anda sedikit berkerut. Tapi itu hanya pendapat saya saja, setiap anda berhak memilih batu yang akan digunakan sebagai pelengkap penampilan nantinya.

Perbedaan Batu Giok dan Sungai Dareh

Batu giok memiliki serat lumut yang kental dan cenderung padat bila disenter lampu fokus, dengan serat lumut berbentuk kembang atau bulir-bulir. Sedangkan batu sungai dareh memiliki serat hijau tutul lumut seperti potongan sayuran.

Batu giok nyaris tidak memiliki warna awan putih seperti yang biasa terdapat pada batu sungai dareh. Kadar kapur yang terkandung di dalam batu giok lebih banyak di bandingkan dengan kadar kapur batu sungai dareh. Warna giok aceh hijau kusam lebih berminyak, sedangkan warna sungai dareh lebih terang dan jernih.

Selain itu perbedaan yang mungkin sangat nampak ialah tampilan batu giok tetap akan terlihat agak kusam meski sudah dilakukan proses poles atau dikilatkan, sedangkan batu sungai dareh akan nampak mengkilat jika dipoles dan digosok.

Perbedaan Batu Giok dan Sungai Dareh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia