Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Pesawat Airbus dan Boeing

Pesawat terbang dengan teknologi tinggi akan menghasilkan kecepatan yang luar biasa, sehingga dapat menempuh jarak ribuan kilometer dalam waktu hanya beberapa menit saja. Mungkin anda telah mengenal apa perbedaan antara Airbus dengan Boeing yang keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Walaupun manusia berusaha kuat untuk membuat pesawat sempurna, namun hal tersebut tidak akan bisa karena kesempurnaan hanyalah milik Allah swt.


Airbus

Perusahaan Airbus S.A.S. (dikenal dengan nama Airbus Industrie) merupakan produsen pesawat komersial yang berbasis di Perancis. Airbus didirikan pada tahun 2001 sebagai perusahaan join stok yang dipermudah. Airbus dipegang oleh 80% EADS dan 20% BAE SYSTEMS, dua penyedia dan pemroduksi militer terbesar.

Jumlah karyawan Airbus lebih dari 40.000 orang yang bekerja di kantor serta pabrik Airbus di beberapa negara Eropa. Perakitan final pesawat Airbus dilaksanakan di Toulouse, sebuah kota di negeri Perancis dan Hamburg di Jerman. Meskipun demikian konstruksi pesawat masih dilakukan di beberapa pabrik di Eropa.

Salah satu produk Airbush yang sangat popular adalah Airbus A330 seri 200, pesawat ini memiliki system proteksi yang memberikan jaminan tingkat keselamatan tinggi terhadap penumpang, awak pesawat, dan pesawat terbang itu sendiri. Semua produk Airbus lain seperti Airbus A330 seri 300, Airbus A320, Airbus A319, Airbus A318, dan Airbus A340 juga memiliki system proteksi.

Airbus juga dilengkapi dengan FMGEC, kelebihannya dalam hal Guidance dan Envelope, bila pesawat mishandling saat bermanuver atau keluar dari margin area envelope, maka otomatis akan menolak program yang keliru tadi dan memberikan info kepada pilot untuk kembali pada program yang benar dan sesuai system.

Boeing

Perusahaan Boeing adalah sebuah perusahaan pembuat pesawat terbang dan aeroangkasa, yang berkantor di Chicago dengan fasilitas produksi terbesarnya di Everett, Washington. Boeing didirikan oleh William Edward Boeing dan George Conrad Westervelt pada tahun 1916 yang saat itu bernama Pacific Aero Products.

Dua divisi utama dari Boeing adalah Boeing Integrated Defense Systems (IDS), yang bertanggung jawab untuk memproduksi pesawat militer dan angkasa, dan Boeing Commercial Airplanes (BCA), bertanggung jawab untuk pesawat sipil.

Boing adalah perusahaan pertama yang memproduksi pesawat berbadan lebar. Boeing dilengkapi teknologi wing-let yang mampu memecah konsentrasi turbolency disekitar sayap. Dengan struktur sayap yang tidak terlalu flat, menjadikan pesawat mampu bermanufer menghindari awan. Boeing juga dikenal irit bahan bakar.

Produk mutakhir Boeing seperti 747-200 yang dijuluki The Jumbo Jet, 747-400 yang disebut Mega Top. Disusul dengan 767 dan 777 yang banyak dioperasikan maskapi-maskapai besar di dunia. After sales service boeing murah dan mudah.

Perbedaan Pesawat Airbus dan Boeing

Pesawat airbus dikenal relatif tenang dan goncangannya tidak begitu terasa meski memasuki awan yang tidak tidak terlalu tebal, dibanding pesawat boeing yang masih sedikit berguncang saat memasuki awan yang tidak terlalu tebal.

Bagian penutup ban boeing lebih besar dibanding penutup ban airbus. Perbedaan yang lebih mencolok ialah pada bagian cockpit pesawat yaitu di bagian stir kemudi. Perbedaan lainnya ialah pada bagian sayap Airbus memiliki winglet, sedangkan boeing tidak atau loss (namun ada sebagian boeing yang memiliki winglet).

Adapun dari segi kenyamanan maka pesawat airbus memiliki suara yang tidak terlalu keras dibandingkan dengan pesawat boeing yang cukup berisik di telinga.

Pada bagian tenaga maka pesawat boeing lebih uggul dibandingkan airbus, anda dapat merasakannya saat take-off atau tinggal landas maka boeing langsung menukik ke atas dan berbeda dengan airbus yang menukik secara perlahan.

Perbedaan Pesawat Airbus dan Boeing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis