Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Zamrud Asli dan Palsu

Zamrud merupakan batu mulia yang diincar oleh banyak kolektor karena keindahan pancaran warnanya yang mengundang setiap mata untuk menatapnya lebih lama. Postingan tentang perbedaan antara zamrud asli dengan zamrud palsu ini, saya rasa cukup penting untuk membekali anda dalam memilih batu permata mahal ini agar tidak tertipu dengan batu sintetis, imitasi, kaca, plastik, dan tiruan lainnya.


Cara membedakan batu zamrud dari yang asli dengan yang palsu sangat mudah bagi orang yang telah malang melintang didunia batu akik dan permata ini. Karena setelah lama bergaul dengan berbagai jenis bebatuan mulia maka anda akan memiliki naluri yang tepat untuk membedakan mana batu asli dan mana tiruan.

Permasalahan yang terjadi sekarang pada tahun dimana para pecinta batu banyak yang masih pemula dan memerlukan bimbingan dari para guru berpengalaman mengenai ciri serta karakteristik batu zamrud. Maka perlu kiranya disusun acuan dasar bagaimana caranya dapat melihat keaslian sebuah zamrud dengan mudah.

Perbedaan Batu Zamrud Asli dan Palsu

Zamrud merupakan salah satu jenis batu permata yang masuk pada kategori Berryl yang cukup langka. Nama lain dari batu zamrud adalah emerald yang memiliki ciri khas transparansi warna hijau pekat dan cenderung tidak memiliki motif. Harga zamrud akan menjadi mahal jika memiliki warna hijau pekat dan terlihat transparan.

Siapkan sebuah senter dan kaca pembesar lalu lihatlah dengan seksama yaitu serat-serat halus yang terdapat di dalam batu zamrud tersebut. Jika zamrud anda asli maka akan terlihat serat-serat batu dengan jelas. Namun jika batu zamrud palsu atau imitasi maka anda tidak akan melihat serat karena permukaannya sangat licin dan tidak memiliki kandungan serat yang biasa terdapat dalam zamrud.

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengetes keasliannya ialah dengan menembuskan cahaya senter pada batu permata zamrud. Jika zamrud asli maka tidak dapat ditembus oleh cahaya, sedangkan jika batu sintetis maka dapat ditembus oleh cahaya. Kedua cara tersebut sangat mudah dilakukan walaupun oleh seorang pemula sehingga anda bisa mendapatkan cincin zamrud asli kesayangan.

Perbedaan Batu Zamrud Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia