Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Burung Elang dan Rajawali

Salah satu jenis burung yang mempesona ialah burung elang dan burung rajawali, dengan ototnya yang kekar dan tatapan matanya yang tajam memberikan kesan kuat dan tangguh. Perbedaan burung elang dengan rajawali penting untuk diketahui agar tidak terjadi kekeliruan lagi saat anda melihat burung ini terbang di angkasa.


Burung Elang

Burung elang adalah burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terutama genus Aquila. Burung elang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Elang berkembang biak dengan cara bertelur yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuatnya dan elang terus menjaga anaknya sampai ia mampu terbang sendiri.

Elang merupakan hewan pemangsa dan makanannya adalah hewan mamalia kecil seperti tikus, tupai, kadal, ikan, ayam, dan serangga. Terdapat sebagian elang yang menangkap ikan sebagai makanan utama mereka. Biasanya burung elang tinggal di wilayah perairan.

Baca Juga: Perbedaan Burung Kenari Jantan dan Betina

Paruh burung elang melengkung dan kuat untuk mengoyak daging mangsanya. Burung elang juga mempunyai sepasang kaki yang kuat dan kuku yang tajam dan melengkung untuk dapat mencengkeram mangsa serta daya penglihatan yang sangat tajam dari jarak jauh.

Jenis-jenis elang yang ada di Indonesia diantaranya adalah elang hitam, brontok, jawa, ular bido, ular jari pendek, buteo, gunung, garuda, sulawesi, wallace, flores, laut perut putih, bondol, ikan kepala abu, ikan kecil, perut karat, tikus, paria, dan elang emas.

Burung Rajawali

Burung rajawali adalah burung yang memiliki penglihatan yang sangat baik dibandingkan dengan manusia. Hal ini disebabkan oleh jumlah fotoreseptor di retina lebih dari 1.000.000 per mm persegi.

Umur burung rajawali cukup panjang karena mampu hidup hingga 70 tahun dan pada umur ke 40 bulu rajawali terlalu lebat, hal tersebut akan membuat burung rajawali kesulitan untuk terbang dan paruhnya sudah mulai terjadi keretakkan.

Maka ia akan segera mencari tempat yang tinggi dan bersembunyi untuk mencabuti bulu-bulunya serta pematuki paruhnya ke batu hingga hancur. Kemudian rajawali akan berdiam diri sekitar 6 bulan hingga ia kembali pulih dan dapat mencari makan lagi.

Perbedaan Burung Elang dan Burung Rajawali

Sangat sulit untuk membedakan burung elang dengan rajawali, namun dari sekian artikel yang saya baca didapat satu karakteristik unik rajawali yang tidak terdapat pada elang. Karakteristik itu adalah burung rajawali akan bersembunyi di tempat yang tinggi pada umur 40 tahun, kemudian membangun sarangnya disana.

Setelah itu dia akan mematuk-matuk paruhnya pada bebatuan di gunung sehingga paruhnya lepas. Setelah beberapa lama paruh baru nya akan muncul, dan dengan menggunakan paruhnya yang baru itu ia akan mencabut kukunya satu persatu-satu dan menunggu hingga tumbuh kuku baru yang lebih tajam. Dan ketika kuku-kuku itu telah tumbuh ia akan mencabut bulu sayap nya hingga rontok semua dan menunggu bulu-bulu baru tumbuh pada sayapnya.

Dan ketika semua itu sudah dilewati oleh burung rajawali, maka ia akan dapat terbang kembali dan menjalani kehidupan secara normal. Begitulah transformasi menyakitkan yang harus dilewati oleh seekor burung rajawali selama kurang lebih setengah tahun.

Perbedaan Burung Elang dan Rajawali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis