Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Sate Ponorogo dan Sate Madura

Bagi anda penikmat sate khas indonesia maka ada banyak pilihan rasa, bahan, dan cara pembuatannya. Adapun yang akan kita cari kali ini ialah apa perbedaan sate ponorogo dengan sate madura dari berbagai sudut pandang yang cukup membuat anda berbeda.


Sate Ponorogo

Sate ponorogo adalah jenis sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur. Bahan sate ponorogo ini terbuat dari daging ayam yang disayat tipis panjang menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan.

Sate daging ayam dapat disajikan bersama dengan sate usus, kulit, dan telur ayam muda. Sate ponorogo melalui proses perendaman bumbu atau dibacem agar bumbu meresap ke dalam daging. Sate daging, usus, dan kulit dibumbui bumbu kecap dan minyak sayur.

Setelah bumbunya merata, sate dipanggang di atas pemanggang sate selama kurang lebih 3-5 menit. Setelah berwarna kecoklatan, semua sate diletakkan di atas piring untuk dibumbui lagi. Setelah matang, sate dilumuri dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus, disertai irisan bawang merah dan cabai rawit pedas mantap.

Untuk menikmati rasa khas sate ponorogo ini maka anda dapat berkunjung langsung ke kota ponorogo atau ke beberapa warung atau restoran di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta.

Sate Madura

Sate madura adalah sate yang berasal dari madura dan biasanya terbuat dari ayam. Sate Madura dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar. Tetapi selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing muda.

Adapun bumbu sate madura adalah campuran kacang yang ditumbuk halus, petis, dan sedikit bawang merah. Kemudian memanggangnya dengan api dari batok kelapa yang dihanguskan terlebih dahulu yang disebut dengan arang batok kelapa.

Sate madura biasanya adalah sate ayam yang diberi sambal berupa saus kacang. Namun di daerah asalnya yaitu madura sendiri kadang yang dipakai bukanlah saus kacang namun saus kemiri.

Perbedaan Sate Ponorogo dan Sate Madura

Cara memotong daging pada sate ponorogo ialah disayat tipis panjang menyerupai fillet, sedangkan cara memotong daging pada sate madura ialah dipotong seperti dadu atau berbentuk persegi.

Daging sate ponorogo melalui proses perendaman bumbu atau dibacem terlebih dahulu, sedangkan daging sate madura tidak direndam dahulu melainkan langsung di panggang pada tungku.

Perbedaan lain yang dapat kita lihat adalah alat pemanggang sate ponorogo terbuat dari tungku tanah liat, sedangkan pemanggang sate madura biasanya terbuat dari seng atau besi yang sudah di las.

Perbedaan Sate Ponorogo dan Sate Madura Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia