Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Pembangunan di suatu daerah sangat erat kaitannya dengan adanya fasilitas pendukung yang dapat memudahkan aktifitas warga dalam melakukan kegiatan ekonomi atau sosial. Untuk itu perlu kiranya dibahas mengenai perbedaan sarana dengan prasarana tersebut.


Sarana

Pengertian sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Dengan kata lain sarana lebih ditujukan untuk benda-benda atau peralatan yang bergerak.

Contoh sarana pada suatu kantor atau sekolah adalah komputer, meja, kursi, papan tulis, infokus, kapur, buku, pulpen, kertas, rak dokumen, penggaris, alat absensi, dan contoh sarana lainnya.

Prasarana

Pengertian prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Adapun proses tersebut dapat berupa suatu usaha, pembangunan, ataupun proyek.

Dengan kata lain prasarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang tidak bergerak. Sebagai contoh prasarana pada suatu kantor atau sekolah adalah gedung, ruang belajar, dan tanah lapang.

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Sarana merupakan falilitas yang dipakai secara langsung (utama), sedangkan prasarana merupakan fasilitas penunjang dari sarana.

Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan, sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang menunjang terselenggaranya suatu proses tersebut.

Sarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang bergerak seperti komputer dan mesin, sedangkan prasarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang tidak bergerak seperti gedung, ruang, dan tanah.

Perbedaan Sarana dan Prasarana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia