Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Prosa dan Puisi

Untaian kata yang penuh makna tersirat dari setiap ucap dan tutur bahasa lembut dari sang kekasih pujaan hati. Perbedaan antara prosa dengan puisi yang akan kita bahas pada artikel kali ini moga dapat memberi manfaat untuk pembaca semua yang baik hatinya.


Prosa

Pengertian prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya.

Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta media lainnya.

Prosa dibagi dua bagian yaitu prosa lama dan prosa baru. Prosa lama adalah prosa yang belum terpengaruh budaya barat dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun.

Jenis-jenis prosa biasanya dibagi menjadi empat jenis yaitu prosa naratif, prosa deskriptif, prosa eksposisi, dan prosa argumentatif.

Contoh prosa lama adalah hikayat, sejarah, kisah, dongeng, dan cerita berbingkai. Contoh prosa baru adalah roman, novel, cerpen, riwayat, kritik, resensi, dan esai.

Puisi

Pengertian puisi adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan (selain arti semantiknya).

Beberapa ahli mendefinisikan puisi sebagai perwujudan imajinasi, yang menjadi sumber kreativitas. Puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.

Puisi kadang-kadang hanya berisi satu kata yang diulang-ulang. Tidak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan puisi. Namun dalam puisi modern, kebanyakan penyair lebih mementingkan gaya bahasa dan bukan pada pokok puisi tersebut.

Di dalam puisi juga biasa disisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah. Di beberapa daerah di Indonesia ternyata puisi juga sering dinyanyikan oleh pembaca puisi dalam bentuk pantun.

Contoh puisi lama :
Assalammu’alaikum putri satulung besar
Yang beralun berilir simayang
Mari kecil, kemari
Aku menyanggul rambutmu
Aku membawa sadap gading
Akan membasuh mukamu

Contoh puisi baru :
Hari ini tak ada tempat berdiri
Sikap lamban berarti mati
Siapa yang bergerak, merekalah yang di depan
Yang menunggu sejenak sekalipun pasti tergilas.
(Iqbal)

Perbedaan Prosa dan Puisi

Prosa lebih mengalir seperti mengutarakan cerita, sedangkan puisi lebih singkat dan padat.

Prosa iramanya lemah, sedangkan puisi iramanya kuat. Bahasa prosa lebih panjang atau bebas, sedangkan bahasa puisi singkat atau terikat. Isi prosa tidak padat, sedangkan puisi isinya padat atau bernas. Makna prosa denotatif, makna puisi konotatif.

Perbedaan lain yaitu prosa menyatakan sesuatu secara langsung, sedangkan puisi menyatakan sesuatu secara tidak langsung. Kesatuan prosa yang pokok adalah kesatuan sintaksis, sedangkan kesatuan puisi adalah kesatuan akustis.

Prosa kesatuannya disebut paragraf, sedangkan puisi terdiri dari kesatuan-kesatuan yang disebut baris sajak.

Prosa merupakan aktivitas konstruktif, yaitu proses penciptaan dengan cara menyebarkan kesan-kesan dari ingatan. Sedangkan puisi merupakan hasil aktivitas pemadatan, yaitu proses penciptaan dengan cara menangkap kesan-kesan lalu memadatkannya.

Perbedaan Prosa dan Puisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis