Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Kicauan burung kenari mengundang sejuta pesona bagi pecintanya, apalagi jika burung kesayangan sudah gacor melagukan berbagai nada yang sangat indah didengar. Untuk para pemelihara dan peternak burung indah ini maka anda harus tahu apa perbedaan kenari jantan dengan kenari betina agar tidak tertukar pada saat membeli. Oleh karena itu perhatikan rangkuman mengenai ciri-ciri fisik yang mudah terlihat dari kedua jenis kelamin burung kenari berikut ini.


Nama ilmiah burung kenari adalah Serinus Canaria, ditemukan oleh pelaut perancis Jean de Berthan Cout di kepulauan Canary pada abad ke-15. Beberapa jenis kenari seperti norwich, scoth fancy, bolder fancy, london fancy, yorkshire, lanchaisire, dan gloser.

Sebenarnya cara membedakan kenari jantan dengan betina dapat dilakukan saat burung baru berumur beberapa hari saja. Jika anda terlambat melihatnya maka bisa juga dilihat saat burung kenari berumur 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, bahkan sudah dewasa sekalipun.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Saat kenari berumur 3 hari (sebelum tumbuh bulu), maka jika terlihat pembuluh vena di sebelah perut dapat turun menuju dubur maka burung tersebut jantan. Namun jika pembuluh vena tidak terlihat maka dapat dipastikan burung tersebut jenis kelamin betina.

Kenari jantan memiliki pusat kaki yang panjang dan sulit untuk bergabung dengan yang lain, sedangkan kenari betina lebih mudah
bergabung karena ketiga telapak kakinya memiliki ukuran sama.

Kenari jantan memiliki tulang belakang berwarna lebih kaku dan lebih pekat, sedangkan kenari betina berwarna kaku namun pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang.

Perbedaan lainnya ialah bagian kepala kenari jantan lebih pipih (datar), sedangkan kepala kenari betina lebih bulat. Hal ini akan mudah terlihat saat burung kenari belum tumbuh bulu.

Pada usia enam hari, anak kenari mulai membuka mata, maka mata kenari jantan sejajar dengan paruhnya, sedangkan letak mata kenari betina diatas paruh sehingga tampilan kepalanya lebih bundar.

Jika kenari sudah dewasa dan belum diketahui jenis kelaminnya maka campurlah kenari yang anda miliki, kemudian akan terlihat kenari betina duduk lebih rendah dibanding kenari jantan. Hal ini terjadi karena struktur tulangnya berbeda antara jantan dan betina.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis