Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Domain dan Hosting

Untuk membuat website atau blog maka diperlukan sebuah nama domain sebagai alamat situs anda dan hosting yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia maya tentu tidak akan asing tentang apa perbedaan domain dan hosting ini. Namun bagi orang yang belum mengetahui seluk beluk website maka diperlukan penjelasan lebih mendalam mengenai kedu hal tersebut diatas.


Domain

Pengertian domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi web server di jaringan internet. Istilah domain kadang disebut juga dengan url, alamat website, atau alamat blog.

Fungsi domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server tanpa harus mengenal deretan angka yang sangat rumit yang kita kenal sebagai alamat IP.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web. Contoh domain yaitu google.com, yahoo.com, xl.co.id, youtube.com, areaperbedaan.blogspot.com, dan domain lainnya.

Untuk pembelian domain maka anda dapat mengunjungi situs godaddy.com atau dapat juga menggunakan layanan lokal seperti idwebhost.com. Kedua situs tersebut telah banyak digunakan para blogger dalam registrasi domain untuk website dan blog mereka.

Hosting

Pengertian hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga organisasi atau individu dapat melakukan penyimpanan data atau informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Jenis hosting yaitu Shared Hosting, VPS, Dedicated Server, dan Colocation Server. Seorang blogger memerlukan hosting pada saat akan membangun sebuah website dengan menggunakan self-hosted.

Jika akan membeli hosting maka sebaiknya anda perhatikan kebutuhan anda terhadap space dan bandwidth, layanan dan fitur, target pembaca, dan harga tentunya. Silahkan anda mengunjungi penyedia hosting yang sudah terkenal akan kualitasnya seperti bluehost.com, hostgator.com, justhost.com, dan hawkhost.com.

Perbedaan Domain dan Hosting

Sebenarnya perbedaan antara domain dengan hosting sudah sangat jelas terlihat dari pemaparan diatas. Namun untuk memperjelas dengan bahasa yang sederhana yaitu domain diperlukan untuk memberi nama alamat website, sedangkan hosting diperlukan untuk tempat penyimpanan file-file website anda. Sehingga semua orang diberbagai belahan dunia dapat mengakses website kita karena filenya telah disimpan di server yang bekerja nonstop 24 jam.

Perbedaan Domain dan Hosting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis