Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Bisnis Online dan Offline

Internet merupakan lompatan teknologi yang telah merubah cara pandang kepada terhadap bisnis lokal maupun global. Untuk menentukan pilihan yang tepat maka perbedaan bisnis online dan bisnis offline dilihat dari keuntungan dan kerugiannya masing-masing dirasa cukup penting bagi yang akan memulai usaha.


Bisnis Online

Pengertian bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online menggunakan jaringan internet. Informasi tentang produk atau jasa yang akan dijual akan ditampilkan dengan media website.

Prospek bisnis online sangat luar biasa karena dapat menjangkau semua orang di berbagai belahan bumi ini. Mengingat pengguna internet setiap tahun mengalami perkembangan pesat, maka ini adalah peluang yang dimanfaatkan dalam strategi bisnis online.

Salah satu keuntungan bisnis online adalah kemudahan dalam pengelolaan, karena untuk menjalankannya kita tidak memerlukan tatap muka secara langsung. Sebagian besar transaksi dapat dilakukan secara otomatis, sehingga hemat biaya dan waktu.

Kerugian bisnis online adalah sulit untuk mendapat pelanggan setia disebabkan banyaknya tawaran menarik dari toko online sejenis dengan kualitas produk yang hampir sama. Selain itu terdapat kerumitan dalam pengelolaan web yang bersifat teknis seperti coding dan seo, namun masalah seperti ini dapat kita selesaikan dengan cara merekrut karyawan yang ahli di bidang IT.

Bisnis Offline

Pengertian bisnis offline adalah bisnis yang dijalankan secara langsung tanpa menggunakan media internet. Biasanya produk maupun jasa diperlihatkan terhadap pelanggan secara tatap muka.

Adapun keuntungan bisnis offline adalah memiliki hubungan kuat dengan pelanggan dan kemudahan mendapatkan layanan produk maupun jasa. Selain itu kepercayaan konsumen mudah untuk dibangun karena toko dan produk maupun jasa terlihat nyata.

Kerugian bisnis offline antara lain ialah wilayah yang dapat dijangkau oleh bisnis model ini terkendala dengan batas wilayah dan jangkaun distribusi. Selain itu modal yang harus dipersiapkan untuk dapat menjalankan bisnis offline relatif besar.

Perbedaan Bisnis Online dan Offline

Bisnis online relatif mudah dibuat, sedangkan bisnis offline relatif sulit. Bisnis online murah bahkan ada yang gratis, sedangkan bisnis offline memerlukan biaya besar. Bisnis online bisa dikunjungi dari seluruh dunia, sedangkan bisnis offline jangkauan pengunjung terbatas. Bisnis online biaya iklan sangat murah bahkan bisa gratis, sedangkan bisnis offline iklan sangat mahal. Bisnis online resiko sangat kecil, sedangkan bisnis offline resiko besar. Bisnis online keuntungan tak terbatas, sedangkan bisnis offline keuntungan tergantung modal. Bisnis online bisa dapat uang saat anda tidur, sedangkan bisnis offline anda tidur maka pembeli langsung kabur.

Sebenarnya antara bisnis online dan offline dapat dikombinasikan dengan baik sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal. Contohnya seorang penjual boneka maka ia membuka toko di dekat supermarket untuk menyerap pembeli yang ada di wilayah tersebut, selain itu penjual tersebut membuat juga website atau toko online untuk memajang foto boneka yang ada di tokonya. Toko online tersebut akan melipatgandakan keuntungan karena menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh nusantara bahkan luar negeri.

Perbedaan Bisnis Online dan Offline Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia