Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Asam dan Basa

Perbedaan asam dengan basa sangat mudah dijelaskan apabila kita memperhatikan sifat atau karakteristiknya masing-masing. Sehingga kita dapat menarik suatu kesimpulan tentang perbedaan atau bahkan persamaan yang terdapat di kedua senyawa tersebut.


Asam

Pengertian Asam adalah senyawa kimia yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH < 7. Asam akan bereaksi dengan basa dalam reaksi penetralan untuk membentuk garam.

Sifat asam adalah rasanya masam ketika dilarutkan dalam air, terasa menyengat bila disentuh, dapat merusak kulit, bereaksi hebat dengan kebanyakan logam yaitu bersifat korosif terhadap logam, walaupun tidak selalu ionik tetapi asam merupakan cairan elektrolit.

Contoh asam adalah asam asetat yang terdapat di dalam cuka dan asam sulfat yang biasa digunakan dalam baterai. Asam umumnya berasa masam, tapi cairan asam pekat sangat berbahaya jika tersentuh oleh kulit anda dan bahkan terjadi kebutaan pada mata.

Basa

Pengertian basa adalah senyawa kimia yang menyerap ion hydronium ketika dilarutkan dalam air dan memiliki pH > 7. Basa dapat dibagi menjadi basa kuat (kostik) dan basa lemah.

Sifat basa adalah kaustik, rasanya pahit, licin seperti sabun, nilai pH lebih dari 7, mengubah warna lakmus merah menjadi biru, dapat menghantarkan arus listrik, dan menetralkan asam.

Contoh basa adalah alumunium hidroksida (AI[OH]3) pada deodorant dan antasida, kalsium hidroksida (Ca(OH)2) pada plester, magnesium hidroksida (Mg(OH)2) pada antasida, natrium hidroksida (NaOH) pada pembersih saluran pipa, kalium hidroksida (KOH) pada pembuatan sabun, amonium hidroksida (NH4OH) pada pelarut desinfektan, dan contoh lainnya.

Perbedaan Asam dan Basa

Perbedaannya antaralain asam rasanya masam, sedangkan basa rasanya pahit. Derajat keasaman asam (pH) < 7, sedangkan derajat keasaman basa (pH) > 7. Asam dapat memerahkan kertas lakmus biru, sedangkan basa dapat membirukan kertas lakmus merah.

Adapun perbedaan lainnya ialah asam tidak merubah warna kertas lakmus merah, sedangkan basa tidak merubah warna kertas lakmus biru. Asam menghasilkan ion H+ jika dilarutkan ke dalam air, sedangkan basa menghasilkan ion OH- jika dilarutkan ke dalam air.

Perbedaan Asam dan Basa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia