Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Artikel dan Berita

Saat membaca sebuah artikel di blog atau sebuah berita di berbagai media cetak atau elektronik maka akan didapat berbagai informasi menarik tentang suatu hal. Namun perbedaan artikel dan berita banyak yang masih belum mengetahuinya, padahal keduanya sangat penting untuk dibedakan agar kita tidak salah persepsi.


Artikel

Pengertian artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, blog, website, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Isi artikel dapat bermacam-macam, beberapa contoh yang sering kita baca di beberapa media adalah sejarah, petualangan, hasil penelitian, argumentasi, atau bimbingan untuk melakukan sesuatu.

Berita

Pengertian berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

Stasiun televisi biasanya memiliki acara berita atau menayangkan berita sepanjang waktu. Kebutuhan akan berita ada dalam masyarakat, baik yang melek huruf maupun yang buta huruf.

Sebuah berita harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, aktual, dan informatif. Kualitas berita tentu harus memenuhi kriteria umum penulisan yaitu 5W+1H (what, who, when, where, why, how), semua unsur inilah yang harus ada dalam berita.

Perbedaan Artikel dan Berita

Setelah mengetahui definisi dari keduanya, maka kita dapat simpulkan bahwa perbedaan antara artikel dan berita yaitu artikel bersifat tetap, sedangkan berita bersifat sementara. Artikel berupa ilmu pengetahuan, sedangkan berita bukan ilmu pengetahuan.

Selain itu ada juga persamaan yang terdapat dalam sebuah artikel maupun berita yaitu kedua-duanya mengandung informasi. Selain itu artikel dan berita ulasannya bisa panjang atau pendek.

Perbedaan Artikel dan Berita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis