Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Massa dan Berat

Untuk anda yang sedang belajar ilmu fisika dasar tentunya akan menemukan rumus massa maupun rumus berat suatu benda. Oleh karena itu mari kita lihat apa sebenarnya perbedaan antara massa dengan berat yang dimaksud dalam ilmu fisika tersebut.


Massa

Pengertian massa adalah suatu sifat fisika dari suatu benda yang digunakan untuk menjelaskan berbagai perilaku objek yang terpantau. Dengan kata lain Massa adalah ukuran banyaknya materi yang di kandung oleh suatu benda.

Massa suatu benda di manapun sama. Massa benda dan di bumi dan di bulan sama. Massa benda dan di puncak yang tinggi juga sama. Hal biasa di pahami karena massa menyatakan banyaknya zat yang di kandung oleh suatu benda.

Sebagai contoh, seseorang yang mengangkat benda berat di Bumi dapat mengasosiasi berat benda tersebut dengan massanya. Asosiasi ini dapat diterima untuk benda-benda yang berada di Bumi. Namun apabila benda tersebut berada di Bulan, maka berat benda tersebut akan lebih kecil dan lebih mudah diangkat namun massanya tetaplah sama.

Berat

Pengertian berat adalah gaya yang disebabkan oleh gravitasi berkaitan dengan massa benda tersebut. Massa benda adalah tetap di mana-mana, namun berat sebuah benda akan berubah-ubah sesuai dengan besarnya percepatan gravitasi di tempat tersebut.

Berat dihitung dengan mengalikan massa sebuah benda dengan percepatan gravitasi di mana benda tersebut berada. Berat sebuah benda di bumi akan berbeda dengan beratnya di bulan.

Rumus untuk berat adalah W = mg (W = berat benda, m = massa benda, dan g = percepatan gravitasi). Satuan SI (Sistem International) untuk berat adalah newton (N).

Perbedaan Massa dan Berat

Massa tidak dipengaruhi gravitasi, sedangkan berat dipengaruhi gravitasi. Massa selalu tetap, sedangkan berat berubah sesuai tempat. Massa termasuk besaran pokok, sedangkan berat termasuk besaran turunan.

Massa merupakan besaran skalar, sedangkan berat merupakan besaran vektor. Massa alat ukurnya neraca, sedangkan berat alat ukurnya neraca pegas. Massa satuannya kg, sedangkan berat satuannya Newton.

Perbedaan Massa dan Berat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia