Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Margarin dan Mentega

Kue yang rasanya enak cocok disuguhkan dalam acara keluarga, dan lebih spesial lagi jika anda membuatnya sendiri. Untuk membuat kue maka anda harus mengetahui apa perbedaan margarin dengan mentega agar memudahkan dalam pemilihan bahan kue nantinya.


Margarin

Pengertian margarin ialah mentega buatan dari minyak nabati atau minyak hewani. Bisa juga mengandung susu saringan, garam dan pengemulsi. Margarin banyak digunakan para ibu sebagai pengganti mentega. Terdapat juga margarin dengan kandungan rendah kalori, sehingga mengandung lemak lebih sedikit.

Margarin lebih sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan, membuat saus, masakan yang ditumis, dan campuran dalam minyak goreng agar hasil gorengan lebih gurih dan renyah.

Mentega

Pengertian mentéga adalah makanan produk susu yang diproses dengan cara mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan bahan untuk menggoreng.

Bahan dasar untuk pembuatan mentega adalah krim susu yaitu suatu lapisan paling atas dari susu yang terbentuk jika didiamkan selama beberapa hari di dalam lemari pendingin. Kemudian krim ini dipisahkan dari lapisan bawah susu atau skim.

Mentega dibuat dengan cara mengaduk krim susu hingga menjadi bentuk padat. Krim susu terpisah menjadi bagian lemak yang padat dan bagian cair setelah proses pengadukan. Kemudian mentega dipadatkan dan dicetak sesuai selera dengan menggunakan cetakan.

Perbedaan Margarin dan Mentega

Dalam proses pembuatannya margarin dibuat dari lemak nabati dicampur dengan baram dan bahan-bahan lainnya, sedangkan mentega terbuat dari lemak susu hewan yang diproses dengan bahan pendukung lainnya, seperti air, garam, dan susu.

Jika dilihat dari aroma maka aroma margarin tidak begitu tajam, berbeda dengan aroma mentega yang lebih tajam dan menggiurkan selera. Margarin berwarna kuning terang dan tidak mudah meleleh, sedangkan mentega berwarna kuning pucat dan mudah meleleh.

Perbedaan lainnya ialah margarin mengandung lebih sedikit lemak daripada mentega. Harga margarin lebih murah darpada mentega.

Perbedaan Margarin dan Mentega Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis