Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Data dan Informasi

Setiap kita mengambil suatu keputusan maka diperlukan bahan-bahan untuk pertimbangan yang akan membantu menunjukan akar permasalahan yang sebenarnya. Untuk itu diperlukan sebuah data dan informasi yang akurat dan ter-update. Namun apakah anda sudah tahu apa perbedaan data dengan informasi tersebut? jika belum tahu mari kita bahas bersama-sama pada srtikel kali ini.


Data

Pengertian data adalah catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

Dalam keilmuan, fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri, hal ini dinamakan deskripsi. Pemilahan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan klasifikasi.

Data dicirikan sebagai sesuatu yang bersifat mentah dan tidak memiliki konteks. Dia sekedar ada dan tidak memiliki signifikansi makna di luar keberadaannya itu. Dia bisa muncul dalam berbagai bentuk, terlepas dari apakah dia bisa dimanfaatkan atau tidak. Intinya data itu adalah suatu fakta-fakta tertentu sehingga menghasilkan suatu kesimpulan dalam menarik suatu keputusan

Informasi

Pengertian informasi adalah pesan atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.

Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan informasi statistik. Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks. Sebagai contoh, dokumen berbentuk spreadsheet seringkali digunakan untuk membuat informasi dari data yang ada di dalamnya. Laporan laba rugi dan neraca merupakan bentuk informasi, sementara angka-angka di dalamnya merupakan data yang telah diberi konteks sehingga memiliki makna dan manfaat.

Perbedaan Data dan Informasi

Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menganalisa banyak sekali datang menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan. Data bersifat mentah, sedangkan informasi hasil olahan yang lebih berguna. Data digunakan untuk pengolahan lebih lanjut, sedangkan informasi digunakan untuk acuan mengambil keputusan. Data belum jelas isinya dan belum sempurna, sedangkan informasi merupakan sumber pemahaman yang telah sempurna.

Perbedaan Data dan Informasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia