Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Jika kita memindahkan suatu benda maka akan dapat diukur berapa jarak yang telah ditempuh dan berapa nilai perpindahannya. Namun diantara kita masih ada yang bertanya apa perbedaan jarak dan perpindahan beserta contoh soal atau penerapannya. Untuk itu perhatikan baik-baik penjelasan yang akan dipaparkan berikut ini.


Jarak

Pengertian jarak adalah angka yang menunjukkan seberapa jauh suatu benda berubah posisi melalui suatu lintasan tertentu. Contoh jarak yaitu jika ada seseorang berjalan ke timur 3 meter, kemudian berbelok ke selatan 4 meter, lalu berbelok 3 meter ke barat, maka jarak yang ditempuh orang tersebut adalah 3 + 4 + 3 = 10 meter

Perpindahan

Pengertian perpindahan adalah jarak terpendek dari posisi akhir dan posisi awal dari sebuah benda. Contoh perpindahan yaitu jika seseorang berjalan ke timur 3 meter, kemudian berbelok ke selatan 4 meter, lalu berbelok 3 meter ke barat, maka perpindahannya sama dengan jarak terdekat dari A ke D, yaitu 4 meter ke arah selatan.

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Beberapa perbedaan antara jarak dengan perpindahan antara lain ialah jarak selalu ditinjau dari lintasan yang ditempuh oleh benda yang bergerak, sedangkan perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan awal dan kedudukan akhir saja.

Selain itu jarak tidak memperhitungkan arah gerak benda, sedangkan perpindahan memperhitungkan arah gerak benda. Jarak merupakan besaran skalar karena hanya mempunyai besar saja, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.

Perbedaan Jarak dan Perpindahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis